Wednesday 28 August 2013

Cikuray "Gunung tertinggi di garut"

Salam lestari sobat gaster..
kali ini ane share dokumentasi perjalanan ke cikuray garut. yuph ini dia gunung tertinggi di garut, atau ke ke empat tertinggi di jawa barat. gunung satu ini makin terkenal dikalangan pendaki, tau kenapa??? view-nya siy kalah bagus dibanding papandayan, tapi trek-nya cukup menantang. 

Siluet gunung cikuray.

Ada dua jalur legal untuk ngedaki gunung cikuray, jalur pamancar di desa dayeh manggung dan jalur cikajang, tapi jalur pamancar dayeh manggung lebih ramai dibanding jalur cikajang. untuk menuju pos pemancar dari terminal guntur, sobat gaster bisa naik angkot no.04 (harga sewa Rp.5.000/6.000) turun di patrol, dan naik ojeg ke pos pamancar (harga sewa ojeg Rp.35.000, ini harga tukang ojeg, kalo mau nego ane saranin pake jurus jual mahal/pura-pura ga mau, tar juga mereka nurunin tarif-nya), oya satu tips lagi, kalo mau naik kendaraan di garut " jangan pernah tanya " kang ongkos-nya berapa?", selain jawabanya sudah pasti basi "biasa" tarif sewa bisa saja mereka naikan, yah pikir mereka kan kita turis, jadi anggapan mereka duit kita banyak. Nah tips-nya tanya soal ongkos ke sesama penumpang, kalo sudah dapat bocoran, pas turun langsung bayar pake uang pas.  


Ojeg offroad, sewa 35.000/org tapi dengan jurus jual mahal ane dapet 25.000/org, kalo jalan kaki dari patrol ke pos pamancar sekitar -+2 jam.
 






Ini dia pos pemancar, disebut pamancar karna di depan pos ini berdiri tower-tower beberapa station tv.   







Base pamancar. restribusi awal Rp.3000 perak pas pintu gerbang kebon tea nusantara. nah di pos ini kita daftar lagi sebelum ngedaki dengan donasi se-ikhlasnya. tiket naik gunung di garut memang masih ringan di kantong, yah kecuali sewa angkutannya.
view cikuray depan base pamancar.







dimana-mana, di tiap gunung, sampah bertebaran, payah, ngakunya pencinta alam..!






view dari lereng cikuray.





trek awal. hajar terus bleh..

 









trek awal uda bikin ngos-ngosan...







abis trek kebon teh, trek masuk hutan.
dalam hutan, dihajar tanjakan lagi, bener-bener ga pake bonus dah.


 


jalur pos pamancar mirip jalur air. selain kanan kiri jurang, trek penuh dengan akar pohon. 






 




pos. 5. untuk sampe puncak cikuray, kita harus ngelewatin 7 pos dan pos 8 puncak-nya. jarak tiap pos variatif, paling jauh dari pos 2 ke pos 3. sedang trek yang paling sulit dari pos 3 ke pos 4. menurut ane siy...
 



pohon tumbang didepan pos.6. Tiap pos (dari pos.1 sampe pos.7) cuma berupa lahan datar -+3x2 Meter. setiap pos ditandai pake plang nomor pos. oya sebelum pos.6 kita ngelewatin puncak bayangan, lahan datarnya cukup luas, jadi cocok untuk nge-camp, sebelum nge-trek ke puncak.




Sepanjang trek dari pos 2, sobat tidak akan menemukan sumber air, karna karakter gunung cikuray yang merupakan gunung tidak aktif sehingga sulit menemukan sumber air, sobat gaster harus menyiapkan supplay air untuk pendakian dari pos pamancar atau dari pos satu dan dua (ada pipa saluran pam yang bisa dimanfaatkan sebagai air minum).

 View percis di bawah puncak.










Welcome to puncak Cikuray..







 Hadoh.. pengen Boker bah..










lo pengen boker? noh di atas awan..










puncak cikuray 2821 mdpl. kerumunan awan, daya tarik utama saat di puncaknya.









cikuray, 17 agustus 2013. jalur ke puncak padat merayap.







merdekaaa...! sampe di puncak kita ngerasa bener-bener merdeka.






 

 papandayan dari puncak cikuray.








dari sini batas laut pamengpek juga terlihat (perhatikan gambar: garis putih = batas laut/pantai, warna biru di tengah = air laut) kereeen sob...






view kota garut dibalik awan. view di malem hari lebih keren lagi sob.. 







coba, siapa yang bisa bikin pemandangan keren kaya gini..!
Subhanallah wallahuakhbar....!




0 comments :

Post a Comment

 

Event

Tanggal 19-20 Oktober Pendakian massal ke puncak gede Informasi: 085692044483 (klik event menu)

Blogroll

About